8/05/2011

Gua vs Tukang Becak dan Lampu Merah

Dulu.. saat lu semua masih pake baju putih dan celana merah maroon yang unyu itu. Saat lu semua mungkin belum punya kendaraan mobil atau motor.. Saat orang tua lu menjemput lu dari sekolah, dan lu males banget sama yang namanya jalan kaki.. Mungkin saat itu lu minta digendong, tapi biarpun kecil lu itu berat. Dan pada akhirnya orang tua lu (dalam kasus ini, nyokap gua) memanggil abang tukang becak (BECAK! bukan bakso.. gua tau lu laper..)



Seperti biasa, setiap orang pasti punya langganan yang ditungguin setiap hari... Misalnya salon langganan, tempat belanja langganan, tempat pijat langganan, atau tempat boker langganan (Ew!). Nah nyokap gua punya tukang becak langanan. Gua ga tau namanya siapa, tapi demi kenyamanan kita bersama, gua akan panggil tukang becak yang beruntung ini Pak Tebe.. (TB.. tukang becak? doh --")

Nah Pak Tebe ini yang kemungkinan nganterin gua dan nyokap gua tersayang setiap hari dari sekolah ke tempat angkot ngetem. Bayarannya ga mahal dan seru banget.. Jujur itu saat-saat indah dalam hidup gua.. :') Tapi semua kenangan manis itu berakhir saat akhirnya orang tua gua mampu beli mobil buat dipakai nganter-jemput gua.. Oke, sebagai anak kecil yang polos gua tentu menganggap naik mobil itu lebih seru, lebih kenceng, dan lebih nyaman... Tapi setelah gua agak-agak berumur.., gua mikir... "Itu si Pak Tebe kemana ya sekarang?"

Gua sempet mikir.. Sempet! Bukan berarti gua pikirin terus... Jadi gua ga begitu peduli sama suara kecil dari hati nurani gua itu. Sampai suatu saat, waktu gua mau kuliah, dan nunggu di lampu merah ke arah gerbang Tol Pasteur dari arah UK Maranatha, gua melihat sosok yang rajin mengayuh sepeda demi menjamin gua nyampe di tempat ngetem angkot dengan selamat. Yak! Pak Tebe... Tanpa sepeda, tanpa handuk lap keringat, tanpa apa-apa. (Dia masih pake baju seperti orang normal lainnya.. Jangan berharap yang macam-macam.. Dan dia udah sangat berumur.. akan aneh kalau lu berimajinasi liar tentang dia --"). Yang dia lakukan adalah, menatap iba ke kaca mobil gua, menodongkan tangan keriput yang kosong, dan menunjukan mata yang telah menanggung beratnya kehidupan yang ga adil itu. Seharusnya, si Pak Tebe yang sudah berumur itu istirahat di rumah, diurus sama anak-anaknya, main bersama cucunya... Bukan mengadu nasib di tempat yang nyaris ga membuahkan kesuksesan seperti perempatan lampu merah itu.. Sangking sedihnya gua langsung ngambil duit Rp 2000 dan langsung gua kasih.. Si Pak Tebe girang banget gua kasih duit warna hijau itu.. Dan gua jadi bingung... Ternyata... gua salah ngasih.. itu Rp 20000, dan artinya gua ga makan siang sekali... Remeh emang, tapi liat betapa 1 angka NOL dapat merubah nasib lu selama beberapa jam ke depan... Jujur gua agak nyesel tapi ga mungkin juga gua mintain kembalian Rp 18000 itu.

Jadi gua lanjutin jalan gua menuju kampus putih biru. Nah selama dijalan gua coba mikirin hal kecil yang gua liat tadi. Gua memang mikir betapa angka 0 itu berarti makan siang gua, tapi ternyata kalau dipikir lebih bijaksana lagi, angka 0 itu berarti makan dia dalam sehari, dan gua kembali terenyuk.

Gua nyetir di mobil, kursi empuk, berAC, bermusik jedag-jedug, menuju bangku kuliah yang dengan beruntungnya bisa gua dapat, masih suka lupa untuk bersyukur dan lebih banyak mengeleuh. Dan Pak Tebe yang gua liat itu menampar gua dengan ketegarannya... Kalau gua jadi dia, pasti gua udah menyerah, gila, atau lebih parah... Diam membusuk menunggu kematian menolong gua... Tapi dia nggak.. Dia berani ngambil kerjaan yang sangat berat, dan belum tentu beruang banyak itu.. Di usianya yang renta itu, dia tetap berjuang.. gua ga pernah tau apakah dia punya keluarga atau nggak... Tapi dia tetap semangat...

Makasih Tuhan.. Tuhan udah ngasih liat sosok Pak Tebe yang luar biasa... Tuhan berkati Pak Tebe!

:')

6 respon:

yurichobilly said...

cerita yg menarik... masih banyak lagi yg ga kamu tahu ttg kehidupan Pak Tebe. ntar emak ceritain kisah beliau yg lainnya....

yurichobilly said...

oke... komentar diatas... itu dari emak gua... ditunggu ceritanya ya mam :)

pelajaran hari ini... JANGAN LUPA LOG OUT! lu ga mau nyokap lu dateng dan meninggalkan jejak lu dimana-mana.. ==a

clarafull said...

gud co....
salam ya buat pak tebe... :)

yurichobilly said...

oke claire! Ntar kalo gua ketemu di perempatan gua salamin... nmor hape lu perlu gua kasih ga? :)

Bilp63 said...

co,...good , he he he Pak Tebe juga manusia,....; kita renungkan bersama ,.....kita siapkan masa depan yang lebih baik,....

yurichobilly said...

roger, pap! :) (itu bokap gua ^^)

Post a Comment