8/16/2011

Gua vs Kemerdekaan (?)

66 tahun yang lalu, golongan muda nyulik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok untuk maksa beliau-beliau ini menyatakan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda. 66 tahun yang lalu, pemuda-pemudi Indonesia berani bertindak untuk negara,

Coba inget pas Pa Harto lengser..! Anak muda berani nentang pemerintah yang dinilai ga bener.. Berani bertaruh nyawa.Berani beraksi!

Gua ga bilang gua orang yang super berani ceramah sana sini. Gak! Gua cuman pengen bilang.. Ada yang bisa kita lakukan selain nonton berita dan marah-marah dirumah (atau mungkin dikostan). Ada yang lebih berguna dari pada ngtwit tentang kebobrokan pemerintah atau update status yang jelek tentang negara.

Coba gua tanya.. apa si yang lu kerjain waktu lu denger berita si Om Nazar udah pulang? Apa yang lu kerjain waktu denger Presiden pidato? Apa yang lu pikirin? Kalo gua tebak sih pasti mayoritas yang lewat di otak lu adalah "Ini negara udah ga bener nih.." atau mungkin "Ah.. peduli amat lah.. ancur sekalian aja.." atau jangan-jangan "Bukan urusan gua juga sih yah?". Kalo pertanyaan itu dikasih ke gua... YAP! Tiga hal itu sempet lalu lalang di otak gua. Terus!?



Gua nyaris apatis... Yang berhasil menjitak otak gua dari kegagalan anak muda itu adalah tugas gua. Jadi dalam waktu dekat ini gua harus ngisi suatu acara yang garis besarnya berbicara tentang nasionalisme. Jadi akhirnya gua mulai ngulik beberapa lagu. Dari sejibun lagu yang nemplok di otak gua.., gua penasaran buat ngulik lagu Himne Mengheningkan Cipta, yang gua ga tau judul aslinya apa sampe sekarang. Ini liriknya, yang harusnya kalian semua udah hapal di DALAM kepala!!

Ini gua ketik sendiri! :)

 Dengan seluruh angkasa raya memuji    
 Pahlawan negara                                    
 Nan gugur remaja diribaan bendera          
 Bela nusa bangsa                                     

 Kau kukenang wahai bunga putera bangsa
 Harga jasa                                              
 Kau cahya pelita                                      
 Bagi Indonesia                                        
 Merdeka                                                    


Oke... ini sedikit.. melankolis.. Tapi kalo gua boleh ber-lebay-ria, MEREKA UDAH MATI DEMI KITA! Yeah! Demi negara tempat kita hidup sekarang ini.. Gua ga nyaranin kalian untuk demo gila cari mati depan gedung DPR yang lagi hot banget ini... Tapi apa sih yang bisa kita kerjain buat ngisi kemerdekaan yang udah susah-susah mereka perjuangin. Mungkin klise, tapi ngasih makan anak jalanan, kampanye berkendaraan yang aman, atau sekedar mendukung aksi palang merah dengan mendonorkan darah lu (yang ga bisa gua lakukan... T_T), dan hal-hal kecil lainnya bisa berdampak besar loh! Apapun yang mau lu lakukan asal itu positif, lakukan lah... Energi lu lebih berguna ketimbang cuman marah-marah liat pemerintah.

Oke mungkin gua terlalu berburuk sangka sama pemerintah.. Tapi itu lah mereka, orang-orang yang udah kita pilih. Kita kecewa dan kelihatannya ga ada yang bisa kita lakukan untuk mengubah mereka jadi pemerintah idaman seperti apa yang kita harapkan saat kita nyolok muka mereka di kartu pemilu. Mungkin kita berteriak "Dasar pemerintah ga guna!". Tapi kalo dipikir-pikir lagi, wajar loh kalo kita diteriakin "Dasar anak muda ga guna!" kalo kita cuman bisa protes dan ga melakukan apa-apa. Jadi mulai besok.., saat genap negara kita berstatus merdeka selama 66 tahun, kita songsong semangat penggawa-penggawa kasus Rengasdengklok. Kita bawa semangat pahlawan-pahlawan yang udah menitipkan kemerdekaan ini ke kita. Ke anak muda! Bangkit! Bergerak! Buat diri kita berguna... MERDEKAAAA!!

ps : Temen gw Marco bilang.. Kalo lu golput.. lu ga pantes buat marah-marah ke pemerintah.. Jadi gua bilang lain kali jangan golput! Biar lu ngerasain sensasinya :)

0 respon:

Post a Comment