6/02/2012

Gua vs Merdeka Ngomong, Merdeka Ngedenger.

MERDEEEKAAAAA!!! Iya iya.., gua tau.. Ini bukan tanggal 17 Agustus, tapi tetep aja merdeka! Kita kan bangsa yang bebas? Hahahaha.... Maksud gua disini adalah, gua merdeka dari yang namanya UAS, tubes, dan kuliah yang, err, menjemukan, selama beberapa waktu..

Yang artinya...., gua bisa punya waktu yang cukup banyak untuk mulai berkicau ria di blog gua ini ^^ Seneng kan gua balik!? Seneng kan!? (jawab pleaseeee) Haha~

Nah, UAS terakhir gua tadi adalah UAS untuk mata kuliah Keamanan Sistem,, yang lebih beken disebut dengan Kamsis. Setelah sekitar 30 menit gua berjuang keras menjawab 20 soal pilihan ganda tersebut, gua selesai. Yang bikin galau adalah fakta bahwa UAS Kamsis ini diberikan waktu pengerjaan selama 2 jam, 120 menit! Dan otak gua dengan bijaksananya berbisik (tsah! berbisik!) "Cho.. lu yakin itu bener hah? Lu yakin hah? Jangan sok belagu!" Alhasil, selama beberapa menit gua mengalami pergumulan hebat antara keluar dan nggak dari ruang ujian. Akhirnya, dengan pertimbangan bahwa sampe habis waktunya pun gua ga bakal ngerubah jawaban (karena ga tau juga gua jawaban yang tepat sebenernya apa) gua memutuskan untuk berdiri tegak, melangkahkan kaki dengan keren, memberikan kertas ujian, dan keluar dari ruang ujian diringi dengan suara "wuiih". Bukan! Itu bukan wuiih dengan nada kagum, lebih ke "Wei songong banget lu!" Tapi ya sudah lah.., udah mati gaya juga gua kalo diam di kelas.



Setelah beres ngurusin UAS dan beberapa hal yang lain, gua cabut ke Little White Cafe, karena ada acara buat Game Developer. Bukan! Gua bukan seorang developer. Jadi ini adalah, katanya, acara bulanan dari Game Developer Community (sebut saja GDC) di Bandung dan kebetulan gua dapet tawaran buat kongkow bareng mereka. Gua ga terlalu ngerti teknisnya, gua jelasin juga percuma, gua ga tau cara ngejelasinnya, yang pasti tadi konten bahasan mereka keren banget. Tapi yang gua tangkep adalah, perlu loh sebuah komunitas itu ngobrol-ngobrol asik. Ketemu langsung sambil makan-makan, ngopi, beuuuhhh!

Ada beberapa kejadian sebelumnya yang memicu otak gua untuk berpikir, "Mereka kan anak-anak teknik ya? Ko ga via forum ya?"
Kemarin, eh ga kemarin juga sih, beberapa waktu yang lalu deh, ada seminar yang membahas teknologi sebagai alat untuk memajukan bangsa, dan kebanyakan yang dibahas adalah media internet. Waktu itu asik banget, apalagi moderatornya, beuuuhhh ganteng parah (erm itu sebenernya gua.., ya gapapa lah muji-muji dikit.., jarang banget di puji :'| ) Disitu sempet diperdebatkan antara baik buruknya teknologi.

Nah, yang tercerna di otak gua adalah, seharusnya semua bisa berjalan bersama-sama (sadis!) Mungkin ada beberapa yang bilang, lewat internet semua bisa gampang. Bisa langsung aja kapan pun, dimana pun. Tapi ada juga beberapa yang mikir, lewat internet tuh suka rancu, ambigu, abu-abu kelabu (iye banget pake rima). Tapi ya itu, seharusnya semua bisa berjalan bersama-sama. Maksudnya!?

Terkadang bisa ada ide tercetus dan lu pengen banget nyampein itu spontaneously. Kalo kondisinya seperti itu, enak banget kalo udah punya device buat internetan. Tinggal posting doang. Yang jadi masalah adalah fakta dimana orang ga sepinter lu dalam mencerna kata-kata yang lu buat! Atau mungkin gua balik, lu ga sejago mereka dalam memilih kata-kata yang efektif agar mudah dicerna oleh otak mereka, versi mereka. Intinya, beda man bahasa lu, sama bahasa mereka. Eits, tapi kan sama-sama bahasa Indonesia, Cho! Iya, tapi semua komputer cuman bisa ngasih tau itu secara datar, polos, tanpa ada intonasi atau emosi. Sebelum lu berkilah tentang emoticon, gua kasih tau kalau :) dan :( atau mungkin :| ga akan membuat nada yang muncul di otak lawan bicara lu sama percis dengan yang lu harapkan!

Dan lu juga ga tau, lawan bicara lu emosinya lagi gimana. Lagi enjoy kah? Lagi dapet kah? Lagi seret duit kah? Lagi baru putus kah? Ga tau! Lu cuman bisa nebak-nebak dan berharap dengan emoticon :), :P, :D, atau mungkin ^^ bisa membuat semua jadi baik-baik saja. Berapa kemungkinan itu tepat? Ga tau.., mungkin harus dihitung dulu probabilitas pastinya, dan itu bakal tetap berada di antara 0 sampai 1. Ga bakal bisa lu jadiin 1. Even if they're your best friends!

Contohnya aja yang pacaran, berapa kali berantem  gara-gara SMS? Salah persepsi! Bahaya banget!

Terus, Cho? Kalau posisinya jauh..? Pacaran kan juga bisa LDR gitu?
Yah.. emang siapa yang larang kalian komunikasi pake media? Maksud gua, sebisa mungkin kalian langsung gitu.. Masih ada teknologi jadul yang kita namakan telepon.. Masa sih ga kangen denger suaranya? Apalagi kalo suara pacar lu itu bagus, kaya D'Cinammon.. beuh!! Iya-iya.. gua tau..., pulsa kan? Ya emang agak berbiaya sih.., untuk hasil komunikasi yang lebih baik.. Tapi kalo pun ujung-ujungnya terpaksa via text di internet, ada beberapa hal yang wajib diperatiin!

Undang-undang No 11 tahun 2008

Itu kalo kalian baca, panjang banget.., tapi intinya untuk masalah komunikasi sih mungkin ada beberapa yang bisa gua bahas.

Bab VII Pasal 27 ayat 3
"  Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. "
Gua sebenernya agak kesulitan dalam mengartikan memiliki muatan penghinaan dan pencemaran nama baik. Itu parameternya apa sih? Kalo emang cuman bercanda gimana? Kalo emang itu faktanya gimana? Kan relatif banget!? Terlepas dari hukum itu seharusnya jelas, rasanya sih ada pesan tersendiri dari ayat itu. Yang gua tangkep disini adalah bahwa kita seharusnya ga bikin guyonan yang hebring di depan forum umum sembarangan. Musti hati-hati banget. Boleh bercanda! Boleh banget! Cuman ya hati-hati aja jangan sampai kelewatan. Biar ga salah paham juga :)

next!

Bab III Pasal 7
" Setiap Orang yang menyatakan hak, memperkuat hak yang telah ada, atau menolak hak Orang lain berdasarkan adanya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik harus memastikan bahwa Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang ada padanya berasal dari Sistem Elektronik yang memenuhi syarat berdasarkan Peraturan Perundang-undangan. "
Intinya, "setiap orang  yang menyatakan hak, memperkuat hak yang telah ada, atau menolak hak orang lain". Penting banget buat tau kalau lu punya kebebasan berpendapat, lu punya kebebasan buat mengajukan ide lu kepada orang lain, lu bahkan punya hak untuk ga nanggepin omongan orang lain. Tapi yang ga kalah penting adalah, lu tau kalau ternyata orang lain juga punya hak yang sama. Jadi ya jangan sakit hati kalau orang ngomong keras tentang ide yang lu lempar ke forum. Jangan sakit hati kalau ternyata lu dicuekin. Jangan sakit hati kalau ternyata ide lu itu ditolak mentah-mentah sama forum. Karena mereka juga punya hak untuk tidak setuju sama apa yang lu sampaikan. Ini ga cuman di internet loh! Di real life pun demikian. Mulai lah berpikir positif. Berpikir positif itu sangat membantu lu untuk tidak langsung marah sama sesuatu yang ga sesuai sama isi otak dan hati lu! Biar, kalau pun salah paham, ga jadi gede!


Jadi gimana dong!? Kalo gua sih, saat keadaan berubah menjadi runyam lebih milih ya udah . Menurut lawan bicara gua gimana enaknya, ya monggo. Tapi kalo misalnya lagi niat banget debate, mungkin bakal ada pendekatan personalnya :) Mungkin! Itu idealis gua loh, ga tau dah dipraktek yang sebenernya gua gitu atau nggak. Terkadang apa yang lu bayangin tentang diri lu sendiri aja, lu bisa salah loh!

Tapi tetep, ngobrol langsung itu the best apa lagi kalo ngobrolnya di cafe, dibayarin pula. SUPER!

Jadi gimana kabar UAS dan game developer di atas? Ah bahkan gua udah lupain semua bahan UAS tadi, tapi gatheringnya GDC tadi mantep! Keren-keren game yang di demoin! Hahahaha... Sekian dan terimakasih!

4 respon:

Unknown said...

kuereeeen chooo.....
sayang gw belum merdeka weekend ini...

SEMANGAT !!!!!!!!!!!

yurichobilly said...

makasih ya :) SEMANGAT!!!

Unknown said...

berbobot. baru bca2 blog kmu, jago jga ya ternyata nulisnya.
*syokLebay

yurichobilly said...

makasih... mungkin bisa dipromosikan saudaramu yang rupawan ini #eh ahahaha~

Post a Comment