2/05/2015

Gua vs Relatifitas

Hai!

Beberapa bulan lalu kampus gua ngadain wisuda. Biasanya setiap wisuda gua selalu ikutan ritual bareng temen-temen kelas gua semasa gua masih kuliah, tapi wisuda periode ini beda. Gua ga bisa ikutan ritual itu. Gua ga inget gua pernah nulis tentang ritualnya atau nggak. Nanti kalo ada gua tulis linknya, kalo ga ada ya gua tulis lagi di blog ini. Hah susah amat (loh ko emosi?)

Wisuda periode ini gua cuman beli 4 bunga dan 1 kado. 1 bunga buat Grace, 1 bunga buat Grace lagi. Ini 2 Grace yang berbeda. 1 bunga lagi buat Johanes Haposan Napitupulu, abang PA gua di kampus yang akhirnya wisuda juga. Ada beberapa cerita seru gua yang melibatkan manusia menyebalkan ini. 1 bunga lagi buat Angelica Siahaan. Nanti ada waktunya gua cerita tentang dia, mungkin bakal banyak *tjieeee* . Terus gua ngadoin jurnal buat Deri. Nama bekennya Deri Slyrova, yang susah banget ditulisnya sampai gua harus buka Facebook buat mastiin kalo gua nulis namanya dengan benar.

Gua sempet foto sama mereka semua kecuali si Deri ini. Yang menyebalkan adalah fakta bahwa dia bakal balik ke Jakarta. (Tuh kan kenapa sih semuanya harus ke Jakarta?). Jadi, waktu dia ngajak nonton, gua setuju. Waktu itu dia nonton Interstellar. Kebetulan gua udah pernah nonton, tapi karena filmnya terlalu pintar, gua ngerasa mungkin kalo gua nonton lagi gua bisa paham sepenuhnya esensi film ini.

Tapi, gua ketiduran.

Nggak sepanjang film gua tidur ko. Ada beberapa scene yang ngomongin waktu, dan relatifitas, yang membuat gua berpikir, dan mungkin bermimpi, tentang kehidupan. *ngek*



Kenapa kehidupan? Apa hubungannya? Semua!
Kadang apa yang lu anggap remeh itu ga sesederhana yang lu bayangin. Dan ini terjadi!
Kaya gua misalnya. Sebelum nonton Interstellar, gua sempet nonton dan ngobrol-ngobrol dikit bareng Kevin Aprilio. Dulu gua selalu beranggapan bandnya Kevin, Vierra atau Vierratale, adalah band dengan musikalitas yang super datar. Tapi sekarang gua super respect. Ternyata Widy, vokalisnya, itu bisa screamo. Dia keren! Mereka ga sedatar yang orang-orang bilang. Live performancenya asik, dan ga lipsync! Itu keren, men! Waktu nonton mereka gua jadi semacam introspeksi. Selama ini gua juga sejahat orang-orang yang langsung judging. Gua ga ngasih kesempatan buat nonton sekelompok musisi secara langsung tapi malah ngasih cap "Lame" sembarangan. Tapi setelah gua cerita ke temen gua, dia cuman bilang, "Ah elah, woles sih!"
Relatif! Padahal menurut gua itu pembelajaran yang berharga banget loh.

Ada lagi. Kadang yang seru menurut lu, belum tentu seru buat orang lain. Kadang yang sebenernya biasa aja bisa jadi sesuatu yang penuh hikmat buat lu. Ini gua sadari setelah gua baru-baru ini meet up untuk pertama kalinya sama senior kampus gua yang angkatan 2004. Namanya Paulus Sihombing. Gua panggilnya Bang Paul. Enggak tau kenapa, padahal gua jarang-jarang loh manggil orang pake Bang.

Ngomong-ngomong, gua ngobrol banyak banget sama doi. Mulai dari kenalan secara official (official kenalnya di facebook sih), ngobrolin start up, kehidupan, filosofi, hubungan, gereja, hukum, banyak deh, dan random. Intinya gua belajar banyak. Kadang-kadang malah gua ga nangkep poin dia yang sesungguhnya (sampai dia harus ngejelasin ke gua dengan sabar ahaha), tapi gua malah belajar dari poin yang sebenernya sama sekali ga dibahas. Tapi yah hidup tuh kaya gitu kan? It is what it is, and it just happened. Lu ga tau kapan lu bakal belajar sesuatu, dan hal yang terbaik yang bisa lu lakukan adalah: terima. Belajar itu ga selalu tentang matematika, atau pelajaran agama. Kadang pengalaman orang itu bisa jadi satu bab buku buat lu belajar. Entah sebagai "How to.." atau "Not to do".

Yang pasti gua bersyukur aja dikasih kesempatan ketemu orang-orang aneh dan ajaib. Gua bisa ngeliat banyak hal yang ga pernah ditulis di satu buku cetak pun di bangku pendidikan gua. Gua bersyukur karena kesannya semesta ini sering banget membantu gua menjadi orang yang lebih baik setiap harinya. Kalau kata Bang Paul sih semesta itu bisa diajak kerja sama. Kalau boleh ngutip yang Dave bilang. "Terima kasih, Semesta!"

Tapi balik lagi ke relatifitas, ga semua orang mungkin berhubungan baik dengan semesta. Saran gua? Ah siapa gua sih bisa ngasih saran? Tapi kalau emang maksa sih, *halah*, coba bersahabat dengan semesta, atau seenggaknya diri lu sendiri. Jangan terlalu cepat menyimpulkan sesuatu itu baik atau buruk. Karena pada akhirnya, lu selalu bisa belajar dari segala hal. Semangat!


PS: Duh maaf ya, udah kelamaan ga nulis strukturnya ga jelas ahahaha.
Disclaimer: Special thanks buat abang-abang versi 28 tahunnya gua yang udah ngajarin banyak hal. Nah kalau gua jadi makin bedebah, bisa cari Paulus Sihombing buat dimintai tanggung jawabnya ohohoho.

0 respon:

Post a Comment