4/24/2013

Teman :)

note: "Teman :)" is the original title of this post, but the official one is "Gua vs Sahabat Gua". I keep the original title to fulfill the request made by the man behind the story. Thank you for your concern.
note: elah musti banget pake bahasa Inggris =_="


Halo semua, hari ini gua mau cerita, dan mungkin tidak akan selucu biasanya
Ga berarti biasanya gua lucu banget ato gimana juga sih, cuman, yah begitulah..


*pasang lagu selow*


Teman. Teman adalah sebuah kata benda, artinya orang yang bersama-sama bekerja. Bekerja, berjalan, berkarya, hidup, apapun. Banyak orang yang punya begitu banyak teman. Coba liat di facebook. 3000 orang, 4000 orang, banyak! Belum lagi temen-temen di kampus, di tempat kerja, di sekolah, dimana-mana.

Sebenernya setelah dipikir-pikir, temen di facebook gua nyampe 2000an. Di kampus juga gua bukan yang ga punya temen banget ato gimana. Banyak juga sih ternyata :) Well, temen gua bisa dibilang sangat banyak kalo pake acuan definisi temen di KBBI. Yah gua tau ini klise dan gampang banget ketebak tapi,



TEMEN buat gua bukan hanya sekedar ANGKA. BIG NO!

Temen ga kaya perangko yang bisa lu koleksi. Terlalu banyak orang-orang yang ngumpulin banyak temen, ngejar-ngejar orang-orang tenar biar dibilang anak gaul. Terlalu banyak orang yang berlagak temenan sama orang susah biar dibilang baik hati. Gua bukannya ga setuju lu kenal banyak orang, memperluas wawasan, memperbaharui cara pikir, atau apapun. Itu bagus banget, pake banget. Tapi gua udah terlalu bosen liat berbagai macam orang-orang yang menganggap temen sebagai koleksi dan alat untuk menjadi terkenal.

Temen juga bukan bank berjalan yang bisa seenak jidat lu pinjem uangnya. Bukan customer service yang kerjaannya hanya mendengar keluhan lu yang ga mungkin ada habisnya. Bukan guru les yang bisa lu minta buat ajarin lu setiap hari, yang pada akhirnya ngerjain semua tugas institusi lu. Kalau pun ada temen lu yang dengan rela hati melakukan itu semua buat lu, lu adalah orang yang super beruntung. Temen lu itu musti lu jaga dan musti lu hargain, bukan lu perbudak

Konsep temenan juga bukan kaya yang ada di facebook. Ga pernah ada ceritanya lu ngajak orang temenan dan lu nungguin doi bilang "Ok, gua mau jadi temen lu." Konsep temenan adalah dimana saat lu tau dia temen lu dan dia tau lu adalah temennya, tanpa ada formalitas apapun.

Temen adalah suatu berkat yang emang diciptain sama Tuhan buat elu. Temen adalah sebuah kekuatan untuk mencegah lu tenggelam sama masalah lu di dunia ini. Temen adalah orang yang bisa nutupin lubang di hidup lu. Dan yang lebih amazingnya lagi, gua rasa Tuhan udah nyiapin lu untuk seorang temen, dan seorang temen untuk lu. Ga, gua ga ngomongin pacar yang harus melewati prosesi tembak-tembakan. Gua ngomongin sebuah hubungan yang jelas dan ga pake ikatan kontrak.

Gua punya seorang temen sahabat yang ngomong, "Lo tuh emang diciptain buat kuat ngadepin orang kaya gua.." (yah intinya berbunyi kaya gitu deh.) Pertama-tama gua pikir dia itu lebay parah. Tapi setelah gua pikir-pikir, dia juga orang yang betah ngadepin manusia macam gua. Gua aja suka stress ngadepin diri gua sendiri, gimana dia? Dari sejak saat itu gua percaya, Temen adalah suatu berkat yang luar biasa yang kalo udah lu temuin, musti banget lu jaga.

Oke ini agak out of content, jadi mari kita kembali ke jalur yang benar..

Temen buat gua adalah sebuah tanggung jawab. Lu bertanggung jawab untuk menjaga persahabatan lu, menghargai temen-temen lu. Temen itu take and give, lu harus bisa berbagi dengan sahabat lu. Temenan adalah perihal kejujuran. Kejujuran kadang emang bikin berantem, tapi kalo udah ga ada lagi kejujuran, berarti temenan itu isinya hanya temenan semu. Palsu.



Pokonya buat gua temen itu punya banyak arti dan makna, tapi yang paling penting adalah:

Teman adalah suatu pembelajaran terbesar dalam hidup.

Gua belajar untuk berusaha mengenal satu pribadi yang sangat kompleks, random, dan ribet.
Gua belajar untuk tau cara bersikap, bertingkah-laku, dan memposisikan diri.
Gua belajar untuk jujur, baik sama temen gua ataupun sama diri gua sendiri
Gua belajar untuk tetep punya harapan kalo hidup pasti baik baik aja
Gua belajar untuk hidup mandiri, tapi ga egois

Gua belajar sebuah hakikat kalo ternyata manusia ga perlu alesan, kontrak, ataupun perstujuan untuk saling menghargai, mengasihi, membangun, membagi, dan bersahabat

Semua itu udah otomatis banget.



Kalo di Catatan Harian si Boy, ada kutipan dimana Boy bilang "Teman adalah keluarga yang kita pilih sendiri. Keluarga adalah nasib yang harus kita terima."

Buat gua itu a little bit nonsense. Film itu bagus banget, tapi ga berarti gua harus setuju sama semuanya dong?

For me, friend and family are people whom God gave to me. Gua ga bisa milih papa gua, mama gua, ade-ade gua. Gua juga ga bisa milih siapa yang bakal jadi temen-temen gua. Mereka semua adalah orang-orang hebat yang udah disiapin untuk ada disetiap liku hidup gua *tsah*

Kalau dibilang ini adalah sebuah kecelakaan, maka ini adalah kecelakaan terkeren di hidup gua.


caaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaawwwwww!!

0 respon:

Post a Comment