7/03/2012

Gua vs Konsep Agama

Berat yah? Banget... Hahaha~
Sebelum lanjut baca postingan gua kali ini, mungkin lebih baik lu berdoa dulu.. Gua berharap orang-orang ga jadi agnostik, atau bahkan ateis gara-gara baca postingan gua hari ini. Gua berharap temen-temen bisa menikmati ini sebagai selingan aja. Sesuatu yang santai, tapi cukup serius untuk dicermati. Segelintir pemikiran konyol, yang mungkin terlewatkan. Intinya, enjoy aja lah. Ini, murni bincang-bincang singkat :)

Yah.. Kembali ke pertanyaan diatas. Menurut kamu, agama itu apa sih?

Itu pertanyaan yang gua lempar di twittwe kemarin, dan gua tanya juga lewat facebook-chat dan BBM. Beberapa merespon.., banyak yang langsung diam. Bener-bener diam, dan gua ga melanjutkan pembicaraan. Mungkin ga nyaman, mungkin takut salah jawab, mungkin ga ngerti, atto ya mungkin sinyal internetnya yang lemot :) hohoho~

Sebelum gua kasih tau tanggapan temen-temen, mungkin gua musti kasih tau dulu kenapa gua tiba-tiba sangat tertarik membahas masalah 'sensitif' ini..



Berawal dari link yang dishare oleh salah satu temen sekelas gua


Sebenernya sering sih liat link berisi tulisan dengan kesan 'agamais' dan biasanya gua cuekin. Ya gua takut aja saat gua merespon orang salah sangka. Gua beda keyakinan sama mereka, dan gua takut banget keyakinan yang berbeda ini menjadi celah untuk saling ga suka. Itu ga banget! Tapi yang jadi perhatian gua adalah, temen gua ini ga biasa ngomong kasar. Entah gua sotoy, atau emang gua ga pernah denger dia marah-marah sampe kasar banget gitu. Lu coba perhatiin kata-katanya deh.. Itu sangat kasar untuk ukuran temen gua ini. Karena penasaran, gua coba buka linknya. Isinya itu parah banget. Terlepas dari Myanmar emang negara komunis yang cukup kejam, apa yang dialami temen-temen muslim di Myanmar itu udah diluar batas kemanusiaan. Yang lebih parah lagi, ada tulisan 'Buddha' disana. Bukan! Gua ga bilang orang Buddha parah-parah. Bukan mau mengadu-domba. Ga! Yang parah itu adalah, kenapa sih harus pake bawa-bawa agama Buddha? Setau gua, Buddha adalah agama yang paling baik sedunia. Kok kesan bagus itu harus dicoreng sih? Kenapa mereka harus mengatasnamakan Buddha sebagai alibi untuk tindakan mereka? Itu super ga banget!

Gua jadi bertanya-tanya, agama itu apa sih? Agama yang gua tau itu harusnya bisa mengatur kehidupan manusia jadi lebih manusiawi. Kenapa sekarang manusia yang mengatur agama sebagai kedok ketidakmanusiaannya mereka?

Sangking betenya, gua kalap dan mulai mencari berita-berita tentang penyalahgunaan agama. Mau ga mau gua liat yang dalam negri dulu dong, dan yang sering banget gua denger beritanya di gereja. Sekali lagi, gua ga mau kalian jadi bete sama agama lain.

Yah, gua sedikit berusaha mencari gambar yang sedikit netral. Gambar ekstrim bisa kalian cari sendiri, tapi hati-hati! Banyak tulisan-tulisan ga netral di luar sana. Baca berita gini, wajar dong gua gedegnya nambah dikit. Saat gua mencoba menenangkan jiwa raga, eh temen gua ngeshare link lagi

Makin kesel lah gua sama pemerintah Myanmar. Dan puncak kekesalan gua berakhir pada niatan "Bener dah, pengen banget gua nulis tentang agama"

Oh, iya! Tadi gua sempet ngasih tau kalo gua ngelempar pertanyaan ke twitter, dan ini beberapa responnya :




Ada juga respon lain dari FB dan BBM. Gua quote beberapa aja ya. Berikut tanggapan temen-temen gua yang gua rasa cukup keren, dan sangat baik untuk dibaca ^^

"Kalo menurut gw agama sekedar wadah yg diciptain manusia untuk memfasilitasi manusia menyembah Allah nya. tapi di dalam agama belum tentu ada iman :). Soalnya iman dibuahi dari kepercayaan kita terhadap Tuhan atas perbuatan-Nya" - Johan Lubis

"Agama itu yaa yg kaya qt tau, kepercayaan tersendiri dr masing2 orang am suatu paham cho.. *baca link temen gua yang dishare di FB* Eh kok gtu ya beritanya? Duh kok ad kasus kya gini :( sediih ngeliatnya. Ah, ngapain qt ngurus yg diluar cho. Yg d dalem aja masih blom beres.. Iya sih kita seumat.. Hehe Tp mereka jauh dsna, qt cuma bisa bantu doa dsni.. *gua tanya kalo ga ada agama gimana* Hahahaaa... Malah beribet negara klo ga ada agama cho.. Semua kejahatan bisa dilakuin. Ud ga bner skrg negara qt ni :( Mudh2an semua mulai sadar am kesalahan masing2 ya?! Salah melandaskan agama buat kejahatan lho" - Dian Wulandari

"Hmm. Wah berat jg ni :P Menurut gw smw agama benar. Sejatinya mereka menuntun kita pada kebaikan. Kalau buat gw pribadi agama itu sebagai sebuah pilihan, lo blh percaya atau nggak sama agama. Kitab2 jg disusun dengan kata2 yg begitu indah dan tegas. Agama kristiani memberikan ketenangan jiwa dengan cara ibadahnya dgn nyanyian2 menenangkan. Budha dengan meditasi dgn alam yg bgtu mempesona. Islam dgn ibadah 5 waktunya yg sangat brguna bagi para petani untuk membersihkan jiwa dan raganya. Buat gw agama = penciptaan. Kita beribadah, kita beramal, kita berbuat baik, semuanya bertujuan umtuk MENCIPTAKAN kehidupan yg lebih baik. Sebenernya kita beribadah itu bukan untuk apa itu yg kita sebut Tuhan di kitab2. Tapi untuk Tuhan kita sendiri, Tuhan diri kita sendiri. Contoh simpelnya ibadah itu kayak makan. Misal lo ga makan, laper kan? Nah begitu jg dgn ibadah. Itu kebutuhan, bukan kewajiban. Tpi setiap org punya cara masing2 buat ngungkapinnya. That's all. Itu kalo dari gw :)" - Adityawan Syah

Pheeew! Oh iya, tulisan diatas ada yang sedikit gua edit biar enak bacanya :) Tapi dari segi konten sama ko ^^. Kalo ada bahasa yang disingkat-singkat, maaf ya? Namanya juga chatting :)

Mereka bertiga bener-bener ngebuka cara pikir gua tentang agama. Agama itu, ga cuman tentang lu dan Tuhan, tapi tentang lu yang lebih baik karena agama. Agama itu hak yang lu punya sejak lu lahir. Terserah mau kaya gimana lu melihat agama. Mau lu gunakan, atau mau lu buang dan menjadi seorang yang ateis pun ga masalah. Selama lu ga melanggar hak orang lain. Agama itu semacam kekuatan batiniah. Saat lu ga tau mau lari kemana, ga tau gimana lagi cara menghadapi masalah lu yang seabrek-abrek, pasti lu lari ke suatu sosok yang lu panggil Tuhan! Lu pasti minta tolong sama satu figur yang kuasanya jauh melebih kuasa yang bisa lu bayangin. Kaya gua misalnya, kalo gua udah stuck banget, ya gua coba berdoa ke Tuhan Yesus. Itu berhasil buat gua. Dan itu jadi satu kekuatan yang gua pegang teguh sampe sekarang. Tapi intinya, lu pasti punya sosok itu dalam hati lu! Sosok yang jadi batu pelindung lu kapan pun, dimana pun! Kekuatan itu adalah satu alat lu untuk bertahan hidup. Hak lu sepenuhnya!

Tapi, seperti yang biasa gua bilang, saat lu punya hak, lu musti tau kalo ternyata orang lain pun punya hak yang sama dengan lu! Lu bebas mendeskripsikan seperti apa Tuhan lu! Seperti apa lu mau beribadah, dengan siapa lu merasa nyaman bertukra pikiran dengan temen-temen sekeyakinan lu, dimana lu mau berkumpul dan saling membangun iman dalam kepercayaan lu, bebas! Tapi lu juga harus menghargai temen-temen yang beda kepercayaannya sama lu. Lu boleh menyebarkan apa yang lu anggap benar. Itungannya, bawa temen lu ke jalan yang lu anggap bener. Tapi dia boleh dong nolak, atau mungkin bawa lu ke keyakinannya? Itu semua tergantung mana yang bikin lu tentram, damai dan sejahtera. Dan setau gua, ga ada tuh damai sejati yang musti dimulai dengan tindak diskriminatif, rasis, bahkan berakhir ke pembunuhan dan pembantaian! Cukuplah pendahulu kita yang harus memperjuangkan agamanya dengan perang! Kita ga perlu ikut-ikutan kaya mereka! Gua rasa Tuhan lu pun ga seneng kalo lu harus menyakiti orang lain buat Dia.

Duhhh.... takut salah ngomong :(

Intinya, yuk, kita sama-sama jadi orang beragama beneran. Gua rasa lu bisa lihat ke dalam diri lu sendiri, apa yang harusnya lu lakuin, apa yang nggak, apa yang bikin Tuhan-lu seneng, apa yang malah bikin keadaan jadi buruk. Semua itu udah ada dalam diri lu, tinggal lu pilah dan pilih :) Selamat melakukan hal baik!! Caaaaaaaaaw!!!





ps : kalo ada yang salah, menyinggung, ato apa... gua minta maaf banget. koreksinya ditunggu dikomen ya ^^ semoga gua bisa banyak belajar dari kalian.

ps *lagi* : gua nulisnya pake berdoa loh.. *beneran* mungkin ada baiknya kalian berdoa juga, super sensitif boyy!! hahaha~

0 respon:

Post a Comment